Selasa, 06 November 2012


AGEN PERUBAHAN BANGSA


Peran yang dapat dilakukan pemuda sebagai agen perubahan demi mewujudhkan kesejahteraan bangsa dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Pemisalan dalam memperingati hari sumpah pemuda, hari kemerdekaan Indonesia, dan hari-hari bersejarah lainnya yang dapat dijadikan sebagai motivasi atau pacuan bagi generasi penerus bangsa untuk terus melakukan perubahan, ke dalam hal yang positi yang bersifat mensejahterakan bangsa demi perubahan Indonesia yang semakin baik.

Mendorong generasi muda untuk ikut berperan dalam pembangunan bangsa, salah satunya di bidang kesehatan. Langkah ini bisa dilakukan melalui berbagai gerakan yang melibatkan pemuda seperti gerakan sadar gizi, gerakan anti narkoba, dan gerakan olahraga sehat.

Pemuda juga harus mampu meningkatkan kualitas akademis, integritas moral, dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan, serta manajerial untuk menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik. Untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas kepemimpinan, berharap pemuda mampu menghindari permasalahan dasar seperti narkoba, kekerasan, dan tawuran.

Persoalan yang dihadapi pemuda saat ini makin kompleks seperti narkoba dan penyelewengan teknologi informasi. Ia  berharap para pemuda, pelajar, dan mahasiswa Indonesia sebagai agen perubahan mampu berkiprah secara positif bagi kemajuan bangsa. Dengan keberanian, cita-cita, dan kecerdasan kolektif yang dimiliki, pemuda Indonesia akan mampu membawa perubahan dan reformasi ke arah yang lebih baik. Indonesia butuh peran pemuda dan pemikirannya yang kritis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar